Selasa, 17 Januari 2017

Cara Mudah Atasi Plafon Melendut

Photo by : Google
CentralRumahProperti - Bukan saja penutup dinding dan lantai yang mempunyai masalah, plafon juga. Masalah yang kerap terjadi ialah bidang plafon melendut. Penyebabnya bisa karena penurunan rangka akibat pemasangan yang tidak siku, hingga kerangka plafon pun jadi tidak simetris. Penyebabnya bisa karena jarak rangka satu dengan lainnya terlalu lebar. Beban plason tidak tersebar merata ke seluruh rangka, hingga bagian yang tidak disangka rangka menimbulkan lendutan. Umumnya jarak rangka kayu atau besi hollow dan metal puring +/- 60an cm. Makin rapat akan makin kuat dan boros bahannya. 

Baca Artikel : Lakukan Trik Ini Untuk Menghemat Renovasi Rumah Tua


Bila dibiarkan, plafon yang melendut bisa merusak keindahan ruang. Resiko paling buruk bisa mengancam keselamatan bila plafon tak lagi mampu menahan beban. Berikut cara mengatasinya, simak dibawah ini.

1. Penyebabnya 

Lihat dengan seksama penyeban lendutan di plafon, bisa karena pemasangan keliru atau rangka keropos dimakan rayap. Tandai bgian yang melendut mintalah tukang untuk memperbaikinya.

2. Bongkar 

Buka penutup plafon pada yang melendut. Jika rangka plafon rusak dimakan rayap maka harus mengganti seluruh rangka.


Baca Yang Ini Juga : Baca Ini! Kiat Bangun Rumah Tumbuh Bertahap



3. Penahan Rangka

Solusi berikut adalah menambah penahan rangka. Material mengikuti material rangka awal. Bila Anda menggunakan rangka besi hollow maka gunakan material yang sama di penahan rangja sesuai kondisi lendutan. Bila sebelumnya penahan rangka dipasang tiap 1,2 meter Anda bisa menambah tiap 60 cm. Anda juga dapat menambah kabel sling yang dikaitkan ke rangka kuda atap untuk menahan beban plafon.

4. Siku Plafon

Bila penahan rangka selesai di pasang, pastikan rangka suda presisi dengan memakai waterpass. Alat ini dapat di gunakan untuk mengukur siku plafon.

5. Tutup Plafon

Step terakhir, tutup kembali plafon kemudian cat ulang menggunakan warna yang sama dengan bidang plafon lainnya. Plafon Anda akan kembali cantik seperti sediakala.




Tags : material, plafon, tips, trik, Cara Mudah Atasi Plafon Melendut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar