Jumat, 13 Januari 2017

Cara Pilih Papan Gipsum Berkualitas



CentralRumahProperti - Gipsum, pastinya kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan material yang satu ini. Yups, gipsum juga di kenal sebagai material substitusi menggantikan dinding konvensional yang umumnya terbuat dari bata merah ataupun beton ringan. Bobotnya ringan, fleksibel, tahan terhadap api dan suhu lembab serta pemasangannya cepat membuat material ini menjadi 'primadona' di industri bahan bangunan.

Baca Juga : Cat Dinding Berubah Warna?


Popularitas papan gipsum ditandai dengan semakin banyaknya brand papan gipsum yang bermunculan di pasaran. Mereka berlomba - lomba merebut minat masyarakat dengan tampilan dan kualitas gipsum yang terbaik. Supaya tidak terkecoh, ada trik memilih papan gipsum yang berkualitas.

1. Permukaan Rata

Pastikan selalu permukaan papan gipsum yang kamu pilih rata, lurus dan tidak bergelombang. Contoh saat dipasang dalam posisi horizontal sebagai plafon tidak ada lendutan kecil di permukaannya. Idealnya, nilai kelendutan tidak melebihi 2,0 mm per batang 600 mm. Sayang, untuk memastikannya masih dibutuhkan pengujian secara khusus.

2. Bobot Ringan 

Idealnya, papan gipsum setebal 9 mm berbobot tidak lebih dari 15 kg. Sebab bobot yang ringan memberi kemudahan pada saat proses pemindahan dan instalasi di lapangan. 

Baca Juga : Cara Mudah Ciptakan Nuansa Mewah Pada Ruangan



3. Kuat

Papan tak mudah patah atau retak saat terbentur benda tumpul. Papan gipsum juga stabil ketika digunakan sebagai dinding atau partisi ruangan. 

4. Permukaan Mulus 

Pastikan permukaan papan bebas dari segala bentuk cacat, seperti retak atau gumpalan. Kondisi permukaan papan gipsum yang rata dan mulus berpengaruh kepada kualitas material sehingga kuat dan tahan lama.






Tags : dinding, material, tips, trik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar