Jumat, 17 Maret 2017

Cara Tepat Atasi Masalah Atap

CentralRumahProperti - Untuk mengantisipasi berbagai masalah yang umumnya muncul saat musim penghujan, Anda perlu melakukan pengecekan atau perbaikan pada jumlah titik tertentu pada bangunan, contoh struktur atap. Permasalahan awal biasanya karena genteng melorot atau atap bocor bisa menuntut Anda melakukan perbaikan besar atau bahkan mengganti seluruh struktur atap. Sebelum hal ini terjadi, simak berbagai masalah besar yang kerap kali terjadi pada struktur atap dan cara untuk mengatasinya.

1. Atap Landai

Faktor kemiringan atap menjadi poin penting yang wajib diperhatikan supaya air yang jatuh bisa segera dialirkan ke bawah. Atap yang datar atau landai akan menyebabkan air turun dengan lambat dan lama-lama menyebabkan genangan dalam beton dan merembes. Solusi yang tepat ialah meningkatkan kemiringan atap. 


Baca Listing : 7 Biaya Proses Jual Beli Rumah Yang Wajib Anda Ketahui Saat Akan Membeli Rumah!



2. Genteng Melorot

Biasanya genteng tanah liat dirancang untuk sudut antara 27 sampai 40 derajat. Bila sudutnya tidak pas akan menjadi jalan masuk air. Dan celah-celah tersebut sengaja dibuat untuk mengantisipaso pemuaian masing-masing keping genteng sekalipun sebagai ventilasi udara. Sebaiknya tiap kepingan genteng dipakukan ke reng yang berada tepat dibawahnya supaya tidak mudah melorot.


3. Dak Beton Retak Rambut

Retak rambut menjadi celah masuknya air. Maka dari itu, perhatikan komposisi campuran beton dan proses pengecoran karena dua hal ini merupakan proses penting yang mempengaruhi hasil akhir dak beton. Maka dari itu, gunakan waterproofing pada seluruh permukaan atap.


4. Atap Bocor

Perubahan cuaca menyebabkan genteng mudah pecah dan semen bumbungan retak. Cek setiap setahun sekali pada pertemuan bentuk atap, tiap bubungan dan talang serta lapisi dengan waterproofing.


5. Bubungan Retak

Ukuran bubungan atau jurnal yang terlalu tinggi akan menimbulkan celah bagi air. Minimalkan sambungan atap dan aplikasikan lembaran khusus anti air yang lunak dan lentur di atas permukaan bubungan.


6. Suhu Panas Loteng

Suhu panad bisa direduksi dengan membuat ventilasi silang (crossed ventilation) dengan cara memodifikasi lubang angin dan membuat rongga di bawah genteng. Selain daripada itu, bisa pula menggunakan bahan insulasi dan pemasangan turbin.











Tags: atap, kebocoran atap, masalah atap, atasi masalah atap, retak rambut dak beton, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar