Rabu, 10 Mei 2017

Dampak dan Penanggulangan Polusi Pada Ruangan

CentralRumahProperti - Ada yang beranggapan bahwa di dalam ruangan tidak ada polusi ruangan. Namun, sebaliknya polusi dalam ruangan justru lebih besar dibanding polusi udara di luar ruangan. Polusi akan meningkat bila ruangan tidak mempunyai ventilasi yang cukup baik. Berikut dibawah ini kami jelaskan dampak dan penanggulangan polusi dalam ruangan.


1. Dampak Polusi Udara

Untuk jangka yang pendek, polusi udara dalam ruangan bisa menyebabkan iritasi maupun kekeringan mata, hidung, saluran pernapasan, dan tenggorokan. Dan imbasnya ialah sakit kepala, badan menjadi lesu, demam, kurang daya ingat, pusing, lesu, dan mual-mual.

Biasanya imbas polusi udara sering dikaitkan dengan pilek dan flu. Namun, imbas lebh lanjutnya ialah asma, hipersensivitas pneumonitis dan penyakit Legionnaires.

Dan juga alergi, autisme dan sindrom Asperger dan Tourette berhubungan dengan polutan dalam ruangan. Yang antara lain polutannnya ialah debu, lantai PVC, asap rokok dan phthalates.


2. Penanggulangan Polusi Dalam Ruangan

Pengaruh dari polusi udara ini memang banyak. Namun, jangan khawatir kamu masih bisa mencegah dan mengindarinya dengan cara meminimalisir polusi yang timbul dalam ruangan. Caranya sederhana yaitu eliminasi dan ventilasi.

A. Eliminasi 
  Bisa dilakukan dengan mengurangi sumber-sumber polutan dirumah. 
  Caranya atur penggunaan kompor gas dan peralatan masak untuk mengurangi emisi. Bersihkan pengkondisi udara secara teratur. selain itu pula, Anda dapat menggunakan bahan alami untuk pembersih dan pewangi ruangan. Bila kamu suka menggunakan lilin aroma terapi, pilih yang terbuat dari wax lebah atau lilin kedelai. Nah, untuk menghilangkan bau, coba pakai cuka dan baking soda.

B. Ventilasi
  Meskipun kamu memakai pengkondisi udara, Anda harus tetap membuka ventilasi ruangan. Alasannya adalah pengkondisi udara tidak membawa udara segar dari luar kedalam ruang. Untuk kamar mandi dan dapur, sebaiknya kamu memakai exhaust fan. Cara ini bisa mengurangi kontaminasi udara dalam ruangan.

Bila kamu ingin menggunakan pembersih udara, harus mengetahui kerjanya tidak seefektif membuka ventilasi. Pembersih udara tidak bekerja dengan baik pada aerosol dan gas. Dan hal itu pun tidak menghilangkan bau.

Ada satu cara lagi yaitu dengan menggunakan tanaman dalam ruangan. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi polusi.

Bisa disimpulkan disini, meskipun polusi udara selalu ada dalam ruangan, bukan berarti polusi tersebut tidak dikurangi.






Tags: polusi ruangan, polutan, polusi dalam ruang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar